RPP
SMK : Rangkaian Paralel R-L-C dalam Arus
Bolak-balik
Satuan Pendidikan :
SMK Negeri 7 Surabaya
Program Keahlian : Teknik Ketenagalistrikan
Mata Pelajaran : Dasar dan Pengukuran
Listrik
Kelas/Semester : X/2
Alokasi Waktu :
10 x
45 Menit
I.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
II. Kompetensi
Dasar
A. Sikap
Spiritual
1.1 Menyadari sempurnanya
konsep Tuhan tentang benda-benda dengan
fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam melaksanakan pekerjaan dibidang dasar dan
pengukuran listrik
B. Sikap
Sosial
2.1 Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab
dalam melaksanakan pekerjaan di bidang dasar dan pengukuran listrik.
C. Pengetahuan
4.8
Menganalisis rangkaian arus bolak-balik.
D. Keterampilan
Memecahkan masalah
teknologi dan rekayasa yang berkaitan dengan resistor dalam rangkaian
arus bolak-balik.
III. Indikator
A.
Sikap Spiritual
Mengembangkan sikap spiritual berdasarkan
ajaran agama yang meliputi
jujur, disiplin, dan rasa ingin tahu.
B.
Sikap Sosial
Mengembangkan sikap sosial yang meliputi bertanggungjawab,
bekerja
sama, dan saling menghargai.
C.
Pengetahuan
Menuliskan
rumus yang berlaku dalam rangkaian paralel R-L-C.
D.
Keterampilan
1. Keterampilan
Proses.
Merencanakan dan melaksanakan
eksperimen untuk menguji sebuah hipotesis yang meliputi: merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel,
merumuskan definisi operasional variabel, melaksanakan eksperimen, membuat
tabel pengamatan, menganalisis data hasil percobaan, dan membuat kesimpulan.
2. Keterampilan Psikomotor
Merakit rangkaian paralel dengan menggunakan software PheT.
IV. Tujuan
Pembelajaran
A. Sikap
Spiritual
Terlibat dalam proses belajar mengajar dengan menerapkan MPL, yang
diamati dengan LP 1, siswa dinilai memuaskan dalam menunjukkan sikap jujur,
disiplin, dan rasa ingin tahu.
B. Sikap
Sosial
Terlibat dalam
proses belajar mengajar dengan menerapkan MPL, yang diamati dengan LP 2 siswa
dinilai memuaskan dalam menunjukkan sikap bertanggungjawab, bekerjasama, dan saling menghargai.
C. Pengetahuan
Tanpa membuka buku
siswa dapat menuliskan rumus yang berlaku dalam
rangkaian paralel R-L-C sesuai dengan kunci LP 3: Pengetahuan.
D. Keterampilan
1. Keterampilan proses
a. Diberikan LKS SMK
LP 4 dan software PheT siswa dapat
merancang dan melaksanakan eksperimen sesuai RTK yang ditentukan pada LP 4
Proses meliputi: merumuskan masalah, merumuskan hipotesis,
mengidentifikasi variabel, merumuskan definisi operasional variabel,
melaksanakan eksperimen, membuat tabel pengamatan, menganalisis data hasil
percobaan dan membuat kesimpulan.
2. Keterampilan
psikomotor
a. Diberikan LKS SMK LP 4: Proses dan software PheT siswa dapat merakit rangkaian paralel R-L-C dengan menggunakan sofwere PheT sesuai dengan RTK yang ditentukan pada LP 5:
Psikomotor.
V. Materi
Pembelajaran
Rangkaian paralel R-L-C
VI. Metode
Pembelajaran
1. Model : Model
Pembelajaran Kooperatif (MPK) tipe TAI
2. Strategi Belajar_____ : diskusi, demoonstrasi, tanya jawab, dan percobaan.
VII.Kegiatan Pembelajaran:
A. Pendahuluan
(± 20
menit)
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Menyampaikan tujuan dan establishing set (Fase 1 MPK)
a.
Memotivasi siswa
dengan menunjukan rangkaian paralel antara R-L-C menggunakan
software PheT dan meminta
siswa mengamati rangkaian dan grafik tersebut.
b. Guru
mengajukan pertanyaan “apa pengaruh besar kapasitansi terhadap
besar arus total yang mengalir pada rangkaian paralel R-L-C dengan software PhET?” untuk memancing rasa
ingin tahu siswa.
c. Mengkomunikasikan
garis besar indikator sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
|
|
B. Inti
(± 330
menit)
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Penggalan 1
Mempresentasikan informasi (Fase 2 MPK)
1.
Meminta
salah seorang siswa untuk bertanggungjawab
membagikan buku siswa kepada
seluruh siswa.
2.
Setelah seluruh
siswa mendapatkan buku siswa, guru menyajikan informasi dengan cara
menunjuk salah seorang siswa untuk membaca buku siswa dan meminta siswa yang lain untuk menjadi
pendengar yang baik. Setelah
selesai membaca,
guru mendemonstrasikan
materi dengan bantuan LCD.
Mengorganisasikan siswa ke dalam tim-tim
belajar (Fase 3)
3.
Guru menginformasikan
pengelompokan siswa, setiap kelompok terdiri dari 3-4 siswa dengan kemampuan
akademik yang heterogen. Guru memberikan waktu pada seluruh siswa untuk berkelompok, siswa
ditekankan untuk bekerjasama, disiplin, saling menghargai, dan
bertanggungjawab. (Team Study)
Membantu kerja tim dan belajar (Fase 4 MPK)
4.
Guru membimbing dan meminta siswa masing-masing siswa secara individu menyelesaikan tugas berupa soal-soal
yang ada pada buku siswa, siswa ditekankan
untuk jujur, disiplin, saling menghargai dan bertanggungjawab. (Placement Test)
5.
Guru membimbing siswa
untuk bekerja dan belajar dalam kelompok yaitu dengan membawa hasil soal yang
telah dikerjakan siswa secara individual menuju ke kelompok belajar sesuai
dengan kelompok yang telah diinformasikan. (Curiculum Material)
6.
Siswa mendiskusikan
hasil pekerjaannya dengan teman satu kelompok dengan cara saling memeriksa,
mengoreksi dan memberikan masukkan. Guru mengamati kerja setiap siswa
danmemberikan bantuankepada siswa yang mengalami kesulitan. (Teaching
Group)
Mengujikan berbagai materi (Fase 5 MPK)
7. Menguji pemahaman dengan cara meminta satu-dua
siswa mengkomunikasikan
pekerjaannya dan ditanggapi siswa yang lain. Siswa ditekankan untuk saling
menghargai dan bertanggung jawab.
Penggalan 2
Mempresentasikan informasi (Fase 2 MPK)
8. Mengajarkan
Keterampilan menanya dengan
mendemonstrasikan cara merumuskan masalah dengan mengacu pada kunci LKS SMK.
Membantu kerja tim dan belajar (Fase 4 MPK)
9. Guru
membimbing pelatihan menanya
dengan meminta setiap kelompok merumuskan
masalah pada LKS SMK. Siswa ditekankan saling bekerjasama, bertanggungjawab,
dan disiplin.
Mengujikan berbagai materi (Fase 5 MPK)
10. Guru
meminta salah satu kelompok mengkomunikasikan
hasil rumusan masalah kelompoknya. Guru memberikan umpan balik berupa pujian
pada pekerjaan siswa yang telah benar dan memberi masukkan serta menjelaskan
ulang apabila pekerjaan siswa masih belum benar. Siswa lain ditekankan untuk
saling menghargai dan meningkatkan rasa ingin tahu nya.
Mempresentasikan informasi (Fase 2 MPK)
11. Guru
mengajarkan Keterampilan mengeksplorasi/eksperimen
dengan mendemonstrasikan cara merumuskan hipotesis, mengidentifikasi
variabel-variabel dan mendefinisikan operasional variabel. Siswa ditekankan
jujur, bekerjasama dan saling menghargai.
Membantu kerja tim dan belajar (Fase 4 MPK)
12. Membimbing
kelompok bekerjasama untuk melaksanakan eksperimen dengan cara berkeliling kelas dan mengamati setiap
kelompok yang sedang merangkai rangkaian paralel antara
R-L-C menggunakan alat dan bahan yang telah disediakan atau
program PheT. Siswa diingatkan untuk melaksanakan
eksperimen dengan bekerjasama, penuh tanggungjawab dan sesuai dengan prosedur
yang tertulis di LKS SMK. Siswa ditekankan perlunya jujur dalam melakukan pengamatan dan mencatat hasil pengamatan itu di
dalam tabel.
Mengujikan berbagai materi (Fase 5 MPK)
13. Menguji pemahaman dengan cara meminta satu-dua
siswa untuk maju ke depan kelas untuk mendemonstrasikan langkah-langkah melaksanakan eksperimen dan
mengkomunikasikan hasil
pekerjaannya. Siswa yang lain
diminta untuk memiliki rasa ingin tahu,
bertanggungjawab terhadap hasil pekerjaan kelompoknya dan saling
menghargai terhadap presentasi temannya.
Penggalan 3
Mempresentasikan informasi (Fase 2 MPK)
14. Mendemonstrasikan
langkah-langkah menganalisis data dan
menarik kesimpulan dengan mengacu
pada kunci
LKS SMK. Siswa ditekankan untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan
saling menghargai.
Membantu kerja tim dan belajar (Fase 4 MPK)
15. Membimbing
kelompok bekerjasama untuk menganalisis
data dan menarik kesimpulan berdasarkan
data yang telah diperoleh masing-masing kelompok. Siswa ditekankan untuk
jujur dan bertanggungjawab serta saling menghargai.
16. Guru membimbing siswa untuk bekerja dan belajar
dalam kelompok yaitu dengan membawa hasil analisis data dan kesimpulan yang telah dikerjakan siswa secara individual
menuju ke kelompok belajar sesuai dengan kelompok yang telah diinformasikan. (Curiculum
Material)
17. Siswa mendiskusikan hasil pekerjaannya dengan
teman satu kelompok dengan cara saling memeriksa, mengoreksi dan memberikan
masukkan. Guru mengamati kerja setiap siswa danmemberikan bantuankepada siswa
yang mengalami kesulitan. (Teaching Group)
Mengujikan berbagai materi (Fase 5 MPK)
18. Menguji pemahaman dengan cara meminta satu-dua
siswa maju ke depan kelas untuk mengkomunikasikan
pekerjaannya dengan menuliskan hasil analisis data dan kesimpulan, siswa
diminta untuk bertanggung jawab atas pekerjaannya. Siswa yang lain diminta
untuk saling bekerjasama dan saling menghargai presentasi teman tersebut.
Memberikan penghargaan (Fase 6 MPK)
19. Guru memberikan penghargaan pada kelompok
berdasarkan nilai hasil belajar individual. (Team Recognition)
20. Guru menghentikan pengajaran individual dan
pengajaran berkelompok untuk memberikan materi kepada siswa secara
keseluruhan yang berhubungan dengan strategi pemecahan soal (Whole
Class)
|
|
|
C. Penutup
(± 10 menit)
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1. Dengan
melibatkan siswa menutup pelajaran dan memberi PR mengerjakan LKS SMK LP 4:
Proses, yaitu mencari tahu bagaimana pengaruh kapasitansi terhadap arus total pada rangkaian paralel
R-L-C dengan menggunakan software PheT.
|
|
IX.
Alat/Media/Sumber Belajar
1.
LKS
SMK: Rangkaian paralel antara R-L-C.
2.
Kunci
LKS SMK: Rangkaian paralel antara R-L-C.
3.
LKS SMK
LP 4: Proses.
4.
Kunci
LKS SMK LP 4: Proses.
5.
Software
PheT.
6.
Laptop.
7.
LCD.
X.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Nama Instrumen
|
Sikap spiritual
|
Observasi
|
Lembar pengamatan
|
LP 1 : Sikap Spiritual
|
Sikap sosial
|
Observasi
|
Lembar pengamatan
|
LP 1 : Sikap Sosial
|
Pengetahuan
|
Tes
|
Tes uraian
|
LP 3 : Pengetahuan dan Kunci LP : 3
|
Keterampilan proses
|
Tes
|
Tes kinerja
|
LP 4 : Proses
|
Keterampilan psikomotor
|
Tes
|
Tes kinerja
|
LP 5 : Psikomotor
|
LKS SMK: Rangkaian paralel R-L-C
Tujuan:
Menyelidiki pengaruh besar kapasitansi terhadap besar arus total dengan software PhET.
ICT/Berbasis Internet:
Free Download
PhET Software Interactive Simulations dari University of Colorado at Boulder
Simulation: Circuit Construction Kit (AC+DC Only). Didownload pada 14 Februari 2011 dari http://phet.colorado.edu.
Disamping software disediakan juga:
Alat dan Bahan:
1 buah sumber tegangan AC 10 volt, Resistor 10 Ω, Induktor 25 H, Kapasitor (0.01 F, 0.02 F, 0.04 F
dan 0.05 F), Amperemeter.
Perencanaan Eksperimen:
Kamu diminta untuk merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk
menyelidiki hubungan antara besar kapasitansi dan besar arus total yang mengalir mengacu pada rangkaian seperti ditunjukkan pada Gambar 1
dengan menggunakan software PhET.
Rumusan Masalah:
Apakah pengaruh besar kapasitansi
terhadap besar arus total yang mengalir?
Hipotesis:
____________________________________________________________________________________________________________________________________
Variabel:
(a)
Yang
dipertahankan konstan (Variabel Kontrol):
(b) Yang dimanipulasi (Variabel Manipulasi):
(c)
Yang
merespon (Variabel Respon):
Definisi
Operasional Variabel Manipulasi:
____________________________________________________________________________________________________________________________________
Definisi Operasional Variabel Respon:
____________________________________________________________________________________________________________________________________
Gambar 1. Percobaan 1
Prosedur:
1.
Aktifkan
program PhET.
2.
Buatlah
rangkaian paralel R-L-C sesuai
dengan Gambar 1.
3.
Ubahlah
nilai sumber tegangan AC dengan
cara klik kanan pada mouse kemudian masukkan nilai tegangan 10 Volt seperti pada Gambar 1.
4.
Tutuplah
sakelar untuk mengaktifkan rangkaianmu, kemudian baca penunjukkan amperemeter kemudian catat hasilnya pada Tabel 1.
5.
Bukalah
sakelar untuk mematikan rangkaian, kemudian ubahlah nilai kapasitor
0,01 F pada rangkaian itu dengan disusun paralel terhadap sumber tegangan AC yang sudah ada, aktifkan rangkaianmu dengan
menutup sakelar lalu baca penunjukkan amperemeter kemudian catat hasilnya pada Tabel 1.
6.
Ulangi
langkah 5 itu dengan mengubah nilai kapasitor menjadi 0.02 F, 0.04 F, dan
0.05 F.
Pengamatan:
Tabel 1. Hubungan Antara kapasitansi dan
Arus Total.
Kapasitansi(
F )
|
Arus Total ( V )
|
0,01
|
3,38
|
0,02
|
3,67
|
0,04
|
3,76
|
0,05
|
3,78
|
Analisis:
Apakah hubungan
antara besar kapasitansi dan besar arus total?
Jawab:
Kesimpulan:
1. Apakah
hipotesismu dapat diterima?
_____________________________________________
2. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
_____________________________________________
Kunci LKS SMK: Rangkaian paralel R-L-C
Tujuan:
Menyelidiki pengaruh besar kapasitansi terhadap besar arus total dengan software PhET.
ICT/Berbasis Internet:
Free Download
PhET Software Interactive Simulations dari University of Colorado at Boulder
Simulation: Circuit Construction Kit (AC+DC Only). Didownload pada 14 Februari 2011 dari http://phet.colorado.edu.
Disamping software disediakan juga:
Alat dan Bahan:
1 buah sumber tegangan AC 10 volt, Resistor 10 Ω, Induktor 25 H, Kapasitor (0.01 F, 0.02 F, 0.04 F
dan 0.05 F), Amperemeter.
Perencanaan Eksperimen:
Kamu diminta untuk merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk
menyelidiki hubungan antara besar kapasitansi dan besar arus total yang mengalir mengacu pada rangkaian seperti
ditunjukkan pada Gambar 1 dengan menggunakan software PhET.
Rumusan Masalah:
Apakah pengaruh besar kapasitansi
terhadap besar arus total yang mengalir?
Hipotesis: Jika nilai kapasitansi diperbesar, maka besar arus
total yang mengalir akan semakin kecil.
Variabel :
(a)
Yang
dipertahankan konstan (Variabel Kontrol):
nilai
resistansi resistor= 10 Ω, nilai induktansi induktor = 25 H, sumber
tegangan AC, amperemeter
(b)
Yang
dimanipulasi (Variabel Manipulasi):
nilai
kapasitansi kapasitor
(c)
Yang
merespon (Variabel Respon):
Arus total
Definisi
Operasional Variabel Manipulasi:
Nilai kapasitansi dimanipulasi dengan cara
mengubah nilai kapasitor berturut-turut menjadi 0,01 F, 0,02 F, 0,04 F,
dan 0,05 F.
Definisi
Operasional Variabel Respon:
Besar arus total diukur dengan menggunakan amperemeter.
Gambar
1. Percobaan 1
Prosedur:
1.
Aktifkan
program PhET.
2.
Buatlah
rangkaian paralel R-L-C sesuai
dengan Gambar 1.
3.
Ubahlah
nilai sumber tegangan AC dengan
cara klik kanan pada mouse kemudian masukkan nilai tegangan 10 Volt seperti pada Gambar 1.
4.
Tutuplah
sakelar untuk mengaktifkan rangkaianmu, kemudian baca penunjukkan amperemeter kemudian catat hasilnya pada Tabel 1.
5.
Bukalah
sakelar untuk mematikan rangkaian, kemudian ubahlah nilai kapasitor
0,01 F pada rangkaian itu dengan disusun paralel terhadap sumber tegangan AC yang sudah ada, aktifkan rangkaianmu dengan
menutup sakelar lalu baca penunjukkan amperemeter, kemudiancatat hasilnya pada Tabel 1.
6.
Ulangi
langkah 5 itu dengan mengubah nilai kapasitor menjadi 0.02 F, 0.04 F, dan
0.05 F.
Pengamatan:
Tabel
1. Hubungan Antara kapasitansi
dan
Arus Total.
Kapasitansi(
F )
|
Arus Total ( V )
|
0,01
|
3,38
|
0,02
|
3,67
|
0,04
|
3,76
|
0,05
|
3,78
|
Analisis:
Apakah hubungan
antara besar kapasitansi dan besar arus total?
Jawab: Semakin besar kapasitansinya maka makin besar
arus totalnya
semakin kecil.
Kesimpulan:
1.
Apakah hipotesismu dapat diterima?
Dapat
diterima.
2. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
Hipotesis diterima, yaitu jika nilai kapasitansi
kapasitor diperbesar, maka nilai arus total akan semakin besar.
Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
Indikator
|
LP
dan Butir Soal
|
Kunci
LP dan Butir Soal
|
Sikap spiritual
1.
Jujur
2.
Disiplin
3.
Rasa ingin tahu
|
LP 1: Sikap spiritual
RTK 1
RTK 2
RTK 3
|
Seluruh
RTK minimal memperoleh nilai memuaskan mengacu pada tabel penskoran
|
Sikap sosial
1.
Saling menghargai
2.
Bekerja sama
3.
Bertanggungjawab
|
LP 1: Sikap sosial
RTK 1
RTK 2
RTK 3
|
Seluruh
RTK minimal memperoleh nilai memuaskan mengacu pada tabel penskoran
|
Pengetahuan
1.
Menuliskan
persamaan/rumus apabila R, L, dan dirangkai paralel lalu dihubungkan dengan
sumber tegangan bolak-balik!
2.
Menggambarkan
rangkaian yang merupakan rangkaian paralel antara R, L, C
3.
Menentukan besar induktansi
jika sebuah rangkaian paralel R-L_C
dihubungkan dengan sumber tegangan AC 100 V. Besar arul 5 A, dan frek %) Hz .
|
LP 3: Pengetahuan
Butir soal No 1
Butir soal No 2
Butir soal No 3
|
Kunci LP 3: Pengetahuan
Butir soal No 1
Butir soal No 2
Butir soal No 3
|
Keterampilan proses
Merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk
menguji sebuah hipotesis
|
LKS SMK LP 4: Proses dan LP 4: Proses RTK 1
sampai 11
|
Kunci
LKS SMK LP 4: Proses dan LP 4:
Proses. Pelaksanaan penilaian mengacu pada tabel kriteria penskoran.
|
Keterampilan psikomotor
Merakit
rangkaian paralel dengan
menggunakan software PhET
|
LP 5: Psikomotor dan LP 5: Psikomotor RTK 1
sampai 6
|
Kunci
LKS SMK LP 4: Proses prosedur 1
sampai 6 dan LP 5: Psikomotor. Pelaksanaan penilaian mengacu pada tabel
kriteria penskoran.
|
LP 1: Pengamatan Sikap Spiritual
Petunjuk:
Untuk setiap sikap spiritual ini, beri
penilaian atas sikap spiritual siswa menggunakan skala berikut ini:
1 = memerlukan perbaikan
2 = Menunjukkan kemajuan 3 = Memuaskan 4 = Sangat baik
No
|
Nama Siswa
|
Perilaku Berkarakter
|
|||||||||||
Jujur
|
Disiplin
|
Tidak Mudah Putus Asa
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sidoarjo, ......................2014
Pengamat
(..............................................)
|
Tabel Kriteria Penskoran Sikap Spiritual
No
|
Perilaku Berkarakter
|
Skor dan Deskriptor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Jujur
|
Tidak menyontek
pekerjaan teman, melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, dan
sesuai prosedur, melaporkan hasil eksperimen secara benar baik lisan maupun
tulisan
|
Tidak menyontek
pekerjaan teman, dan melaporkan hasil eksperimen secara tidak benar baik
lisan maupun tulisan
|
Tidak menyontek
pekerjaan teman
|
Menyontek pekerjaan
teman, melakukan eksperimen secara tidak benar, tidak cermat, tidak teliti,
dan tidak sesuai prosedur, melaporkan hasil eksperimen secara tidak benar
baik lisan maupun tulisan
|
2.
|
Displin
|
Mengikuti pelajaran
dengan tepat waktu, melaksanakan eksperimen dengan tertib sesuai dengan
prosedur yang telah ditentukan, serta menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
|
Melaksanakan
eksperimen dengan tertib sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan, namun
tidak menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
|
Menyelesaikan
pekerjaan tepat waktu
|
Mengikuti pelajaran
dengan tidak tepat waktu, melaksanakan eksperimen tidak dengan tertib sesuai
dengan prosedur yang telah ditentukan serta tidak menyelesaikan pekerjaan
tepat waktu
|
3.
|
Rasa Ingin Tahu
|
Melakukan inofasi dalam eksperimen, bertanya aktif untuk segala hal yang
kurang dimengerti, aktif mencari sumber-sumber pngetahuan yang mendukung
eksperimen.
|
Bertanya aktif untuk segala hal yang kurang dimengerti, aktif mencari
sumber-sumber pngetahuan yang mendukung eksperimen.
|
Bertanya aktif untuk segala hal yang kurang dimengerti.
|
Tidak memperhatikan pengetahuan-pengetahuan baru dari Guru.
|
Nama:.......................
No Absen....................................Tanggal..............................
LP 3: Pengetahuan
Petunjuk
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
benar!
1.
Tuliskan persamaan/rumus untuk mencari arus total
apabila R- L-C dirangkai paralel lalu
dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balik! ______________________________________________________________________________________________________________________________
2.
Gambarkan rangkaian yang merupakan rangkaian
paralel antara R, L dan C! ______________________________________________________________________________________________________________________________
3.
Sebuah rangkaian yang terdiri dari 3 komponen R, L
dan C yang dihubungkan secara paralel
dan dicatu oleh sumber tegangan AC 100 V yang memiliki frekuensi 50 Hz. Besar arus
yang mengalir pada induktor adalah 5 A, tentukan berapakah nilai induktansi
induktornya!
______________________________________________________________________________________________________________________________
Kunci LP
3: Pengetahuan
1.
Tuliskan persamaan/rumus untuk mencari arus total
apabila R- L-C dirangkai paralel lalu
dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balik! Jawab:
2.
Gambarkan rangkaian yang merupakan rangkaian paralel
antara R, L dan C!
Jawab:
3.
Sebuah rangkaian yang terdiri dari 3 komponen R, L
dan C yang dihubungkan secara paralel
dan dicatu oleh sumber tegangan AC 100 V yang memiliki frekuensi 50 Hz. Besar arus
yang mengalir pada induktor adalah 5 A, tentukan berapakah nilai induktansi
induktornya!
Jawab:
Diketahui: V= 100 V, I= 5 A, VL= 100 V, f = 50 Hz
Ditanya: L...?
VL= I.XL
XL=
=
= 20
XL
20
L=
2,512 H
LKS SMK LP 4: Proses
LKS SMK: Rangkaian paralel R-L-C
Tujuan:
Menyelidiki pengaruh besar kapasitansi terhadap besar arus total dengan software PhET.
ICT/Berbasis Internet:
Free Download
PhET Software Interactive Simulations dari University of Colorado at Boulder
Simulation: Circuit Construction Kit (AC+DC Only). Didownload pada 14 Februari 2011 dari http://phet.colorado.edu.
Disamping software disediakan juga:
Alat dan Bahan:
1 buah sumber tegangan AC 10 volt, Resistor 20 Ω, Induktor 25 H, Kapasitor (0.01 F, 0.02 F, 0.04 F
dan 0.05 F), Amperemeter.
Perencanaan Eksperimen:
Kamu diminta untuk merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk
menyelidiki hubungan antara besar kapasitansi dan besar arus total yang mengalir mengacu pada rangkaian seperti
ditunjukkan pada Gambar 1 dengan menggunakan software PhET.
Rumusan Masalah:
Apakah pengaruh besar kapasitansi
terhadap besar arus total yang mengalir?
Hipotesis:
____________________________________________________________________________________________________________________________________
Variabel:
(d) Yang dipertahankan konstan (Variabel Kontrol):
(e)
Yang
dimanipulasi (Variabel Manipulasi):
(f)
Yang
merespon (Variabel Respon):
Definisi
Operasional Variabel Manipulasi:
____________________________________________________________________________________________________________________________________
Definisi Operasional Variabel Respon:
____________________________________________________________________________________________________________________________________
Gambar 1. Percobaan 1
Prosedur:
1.
Aktifkan
program PhET.
2.
Buatlah
rangkaian paralel R-L-C sesuai
dengan Gambar 1.
3.
Ubahlah
nilai sumber tegangan AC dengan
cara klik kanan pada mouse kemudian masukkan nilai tegangan 10 Volt seperti pada Gambar 1.
4.
Tutuplah
sakelar untuk mengaktifkan rangkaianmu, kemudian baca penunjukkan amperemeter kemudian catat hasilnya pada Tabel 1.
5.
Bukalah
sakelar untuk mematikan rangkaian, kemudian ubahlah nilai kapasitor
0,01 F pada rangkaian itu dengan disusun paralel terhadap sumber tegangan AC yang sudah ada, aktifkan rangkaianmu dengan
menutup sakelar lalu baca penunjukkan amperemeter kemudiancatat hasilnya pada Tabel 1.
6.
Ulangi
langkah 5 itu dengan mengubah nilai kapasitor menjadi 0.02 F, 0.04 F, dan
0.05 F.
Pengamatan:
Tabel 1. Hubungan Antara kapasitansi dan
Arus Total.
Kapasitansi(
F )
|
Arus Total ( V )
|
0,01
|
|
0,02
|
|
0,04
|
|
0,05
|
|
Analisis:
Apakah hubungan
antara besar kapasitansi dan besar arus total?
Jawab:
Kesimpulan:
3. Apakah
hipotesismu dapat diterima?
_____________________________________________
4. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
_____________________________________________
Kunci LKS SMK LP 4: Proses
Tujuan:
Menyelidiki pengaruh besar kapasitansi terhadap besar arus total dengan software PhET.
ICT/Berbasis Internet:
Free Download
PhET Software Interactive Simulations dari University of Colorado at Boulder
Simulation: Circuit Construction Kit (AC+DC Only). Didownload pada 14 Februari 2011 dari http://phet.colorado.edu.
Disamping software disediakan juga:
Alat dan Bahan:
1 buah sumber tegangan AC 10 volt, Resistor 20 Ω, Induktor 25 H, Kapasitor (0.01 F, 0.02 F, 0.04 F
dan 0.05 F), Amperemeter.
Perencanaan Eksperimen:
Kamu diminta untuk merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk
menyelidiki hubungan antara besar kapasitansi dan besar arus total yang mengalir mengacu pada rangkaian seperti
ditunjukkan pada Gambar 1 dengan menggunakan software PhET.
Rumusan Masalah:
Apakah pengaruh besar kapasitansi
terhadap besar arus total yang mengalir?
Hipotesis: Jika nilai kapasitansi diperbesar, maka besar arus
total yang mengalir akan semakin kecil.
Variabel :
(a)
Yang
dipertahankan konstan (Variabel Kontrol):
nilai
resistansi resistor= 10 Ω, nilai induktansi induktor = 25 H, sumber
tegangan AC, amperemeter
(b)
Yang
dimanipulasi (Variabel Manipulasi):
nilai
kapasitansi kapasitor
(c)
Yang
merespon (Variabel Respon):
Arus total
Definisi
Operasional Variabel Manipulasi:
Nilai kapasitansi dimanipulasi dengan cara
mengubah nilai kapasitor berturut-turut menjadi 0,0 F, 0,02 F, 0,04 F,
dan 0,05 F.
Definisi
Operasional Variabel Respon:
Besar arus total diukur dengan menggunakan amperemeter.
Gambar
1. Percobaan 1
Prosedur:
1.
Aktifkan
program PhET.
2.
Buatlah
rangkaian paralel R-L-C sesuai
dengan Gambar 1.
3.
Ubahlah
nilai sumber tegangan AC dengan
cara klik kanan pada mouse kemudian masukkan nilai tegangan 10 Volt seperti pada Gambar 1.
4.
Tutuplah
sakelar untuk mengaktifkan rangkaianmu, kemudian baca penunjukkan amperemeter kemudian catat hasilnya pada Tabel 1.
5.
Bukalah
sakelar untuk mematikan rangkaian, kemudian ubahlah nilai kapasitor
0,01 F pada rangkaian itu dengan disusun paralel terhadap sumber tegangan AC yang sudah ada, aktifkan rangkaianmu dengan
menutup sakelar lalu baca penunjukkan amperemeter kemudian catat hasilnya pada Tabel 1.
6.
Ulangi
langkah 5 itu dengan mengubah nilai kapasitor menjadi 0.02 F, 0.04 F, dan
0.05 F.
Pengamatan:
Tabel
1. Hubungan Antara kapasitansi
dan
Arus Total.
Kapasitor(
F )
|
Arus Total ( V )
|
0,01
|
3,34
|
0,02
|
3,65
|
0,04
|
3,74
|
0,05
|
3,75
|
Analisis:
Apakah hubungan
antara besar kapasitansi dan besar arus total?
Jawab: Semakin besar kapasitansinya maka makin
besar arus totalnya
semakin kecil.
Kesimpulan:
3.
Apakah hipotesismu dapat diterima?
Dapat
diterima.
4. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
Hipotesis diterima, yaitu jika nilai kapasitansi
kapasitor diperbesar, maka nilai arus total akan semakin besar.
Petunjuk:
Berikan
skor pada kolom skor penilaian oleh guru sesuai kinerja siswa dalam mengerjakan LP 4 Kognitif proses dengan mengacu pada Format Penilaian Kinerja
Proses di bawah ini.
Format
Asesmen Kinerja Proses
NO
|
Rincian Tugas Kinerja (Skor Maksimum)
|
Skor Maksimum
|
Skor Assesment
|
|
Oleh siswa sendiri
|
Oleh guru
|
|||
1.
|
Merumuskan masalah.
|
5
|
|
|
2.
|
Merumuskan
hipotesis.
|
5
|
|
|
3.
|
Mengidentifikasi
variabel kontrol.
|
10
|
|
|
4.
|
Mengidentifikasi
variabel manipulasi.
|
10
|
|
|
5.
|
Mengidentifikasi
variabel respon.
|
10
|
|
|
6.
|
Merumuskan definisi
operasional variabel manipulasi.
|
10
|
|
|
7.
|
Merumuskan definisi
operasional variabel respon.
|
10
|
|
|
8.
|
Melaksanakan
eksperimen.
|
10
|
|
|
9.
|
Membuat tabel
pengamatan.
|
10
|
|
|
10.
|
Melakukan analisis
data.
|
10
|
|
|
11.
|
Menarik kesimpulan.
|
10
|
|
|
Skor Total
|
100
|
|
|
................,
.................2014
Siswa Guru
(..............................................) (..............................................)
Tabel Kriteria Penskoran Kognitif Proses
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor dan Deskriptor
|
||
0
|
1
|
2
|
||
1.
|
Merumuskan masalah
|
Tidak mengandung
variabel manipulasi dan variabel respon
|
Hanya mengandung
salah satu variabel saja
|
Mengandung variabel
manipulasi dan variabel respon
|
2
|
Merumuskan
hipotesis
|
Tidak mengandung
variabel manipulasi dan variabel respon
|
Mengandung variabel
manipulasi dan variabel respon tetapi tidak menjawab rumusan masalah dan
tidak dapat diuji
|
Mengandung variabel
manipulasi dan variabel respon, menjawab rumusan masalah, dapat diuji
|
3.
|
Mengidentifikasi
variabel manipulasi
|
Tidak menyebutkan
variabel manipulasi
|
Menyebutkan
variabel manipulasi tetapi tidak sesuai dengan hipotesis
|
Menyebutkan
variabel manipulasi dan sesuai dengan hipotesis
|
4.
|
Mengidentifikasi
variabel respon
|
Tidak menyebutkan
variabel respon
|
Menyebutkan
variabel respon tetapi tidak sesuai dengan hipotesis
|
Menyebutkan
variabel respon dan sesuai dengan hipotesis
|
5.
|
Mengidentifikasi
variabel konstan
|
Tidak menyebutkan variabel
konstan
|
Menyebutkan kurang
dari 3 komponen yang dikontrol agar tidak mempengaruhi hasil penelitian
|
Menyebutkan 3
komponen yang dikontrol agar tidak mempengaruhi hasil penelitian
|
6.
|
Merumuskan definisi
operasional variabel manipulasi
|
Tidak menuliskan
cara memanipulasi variabel manipulasi
|
Menuliskan cara
memanipulasi variabel manipulasi tetapi tidak spesifik
|
Menuliskan cara
memanipulasi variabel manipulasi secara spesifik
|
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor dan Deskriptor
|
||
0
|
1
|
2
|
||
7.
|
Merumuskan definisi
operasional variabel respon
|
Tidak menuliskan
cara mengukur variabel respon
|
Menuliskan cara
mengukur variabel respon tetapi tidak spesifik
|
Menuliskan cara
mengukur variabel respon secara spesifik
|
8.
|
Merencanakan
pelaksanaan eksperimen
|
Tidak merencanakan
pelaksanaan eksperimen
|
Merencanakan
pelaksanaan eksperimen tetapi tidak sesuai dengan prosedur yang telah
ditentukan
|
Merencanakan
pelaksanaan eksperimen sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan
|
9.
|
Membuat tabel
pengamatan
|
Tidak membuat tabel
pengamatan
|
Membuat tabel
pengamatan tetapi tidak merekam seluruh hasil eksperimen
|
Membuat tabel
pengamatan yang merekam seluruh hasil eksperimen (variabel manipulasi dan
variabel respon)
|
10.
|
Melakukan analisis
data
|
Tidak melakukan
analisis data
|
Melakukan analisis
data tetapi tidak berdasarkan pada hasil eksperimen yang sesungguhnya
|
Melakukan analisis
data berdasarkan pada hasil eksperimen yang sesungguhnya
|
11
|
Menarik kesimpulan
|
Tidak menarik
kesimpulan
|
Menarik kesimpulan
tetapi tidak berdasarkan pada analisis data dan tidak sesuai dengan hipotesis
|
Menarik kesimpulan
berdasarkan pada analisis data dan
sesuai dengan hipotesis
|
LP 5:
Psikomotor
Prosedur:
1.
Siapkan
sebuah komputer dan software PheT.
2.
Tugasi
siswa merakit rangkaian sesuai Gambar 1 LKS SMK LP 4 Proses, prosedur 1, 2, 3,
4, 5, dan 6.
3.
Amati
saat siswa merakit rangkaian itu.
4.
Berikan
skor kinerja siswa dengan mengacu pada Format Asesmen Kinerja di bawah ini.
5.
Berikan
format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan.
6.
Siswa
diijinkan mengases kinerja mereka sendiri dengan menggunakan format ini.
Format Asesmen Kinerja Psikomotor
No.
|
Rincian Tugas Kinerja (Skor Maksimum)
|
Skor Maksimum
|
Skor Asessment
|
|
Oleh siswa sendiri
|
Oleh guru
|
|||
1
|
Mengaktifkan
program PheT
|
5
|
|
|
2
|
Membuat rangkaian
sesuai dengan Gambar 1 (hal.20)
|
30
|
|
|
3
|
Memasang sebuah amperemeter untuk mengukur besar arus total.
|
15
|
|
|
4
|
Menjalankan
simulasi rangkaian tersebut kemudian amati dan catat penunjukkan amperemeter pada Tabel 1 (hal.20)
|
15
|
|
|
5
|
Mematikan simulasi
dan mengubah nilai kapasitansi kapasitor menjadi 0,01 F dengan disusun paralel. Jalankan kembali simulasi rangkaian tersebut
kemudian amati dan catat penunjukkan Amperemeter pada Tabel 1 (hal.20)
|
15
|
|
|
6
|
Mengulangi langkah
5 dengan mengganti nilai kapasitansi kapasitor menjadi 0,02 F, 0,04 F dan 0,05 F.
|
20
|
|
|
Skor Total
|
100
|
|
|
Sidoarjo,………………2014
Siswa Guru
(…………………………)
(………………………)
Tabel Kriteria Penskoran Keterampilan
Psikomotor
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor dan Deskriptor
|
|||
0
|
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
Mengaktifkan
program PheT
|
Tidak dapat membuka
PheT
|
Dapat membuka PheT
|
Dapat membuka PheT tetapi tidak sesuai dengan prosedur
|
Dapat membuka PheT sesuai dengan prosedur
|
2.
|
Membuat rangkaian
sesuai dengan Gambar 1 (hal.20)
|
Tidak dapat membuat
rangkaian sama sekali
|
Dapat membuat
rangkaian.
|
Dapat membuat
rangkaian tetapi tidak sesuai prosedur
|
Dapat membuat
rangkaian sesuai dengan prosedur
|
3
|
Memasang sebuah amperemeter untuk mengukur besar arus total.
|
Tidak dapat
memasang Amperemeter
|
Dapat memasang Amperemeter tetapi tidak sesuai prosedur
|
Dapat memasang Amperemeter sesuai prosedur tetapi tidak mengamati
|
Dapat memasang Amperemeter sesuai prosedur
|
4
|
Menjalankan
simulasi rangkaian tersebut kemudian amati dan catat penunjukkan amperemeter pada Tabel 1 (hal.20)
|
Tidak dapat
menjalankan simulasi
|
Dapat menjalankan
simulasi tidak sesuai prosedur dan tidak mengamati penujukan Amperemeter
|
Dapat menjalankan
simulasi sesuai prosedur tetapi tidak
mengamati penujukan Amperemeter
|
Dapat menjalankan
simulasi sesuai prosedur
|
5
|
Mematikan simulasi
dan mengubah nilai kapasitansi kapasitor menjadi 0,01 F dengan disusun paralel. Jalankan kembali simulasi rangkaian tersebut
kemudian amati dan catat penunjukkan Amperemeter pada Tabel 1 (hal.20)
|
Tidak bisa
mematikan simulasi
|
Dapat mematikan
simulasi tetapi tidak mengamati
|
Dapat mematikan
simulasi dan mengamati Amperemeter tetapi tidak
mencatatnya dalam tabel 1
|
Dapat mematikan
simulasi dan mengamati Amperemeter serta mencatatnya
dalam tabel 1
|
6
|
Mengulangi langkah
5 dengan mengganti nilai kapasitansi kapasitor menjadi 0,02 F, 0,04 F dan 0,05 F.
|
Tidak bisa
mengulangi langkah 5
|
Bisa mengulangi
langkah 5 tetapi tidak berurutan`
|
Bisa mengulangi
langkah lima secara berturut–turut.
|
Dapat mengulangi
langkah 5 secara berturut–turut sesuai prosedur.
|
1 komentar:
Kak mau tanya gambar nya mana ya??
Posting Komentar