Selasa, 04 November 2014

RPP SMK Rangkaian Paralel R-L-C dalam Arus Bolak-balik MODEL Pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization)



RPP SMK                    : Rangkaian Paralel R-L-C dalam Arus
   Bolak-balik
Satuan Pendidikan   : SMK Negeri 7 Surabaya
Program Keahlian      : Teknik Ketenagalistrikan
Mata Pelajaran           : Dasar dan Pengukuran Listrik
Kelas/Semester            : X/2
Alokasi Waktu            : 10 x 45 Menit
 

I.     Kompetensi Inti
        1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
        2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
        3.     Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
        4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

II.  Kompetensi Dasar
A.  Sikap Spiritual
1.1  Menyadari sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan dalam melaksanakan pekerjaan dibidang dasar dan pengukuran listrik
B.  Sikap Sosial
2.1  Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan di bidang dasar dan pengukuran listrik.
C.  Pengetahuan
    4.8 Menganalisis  rangkaian arus bolak-balik.
D.  Keterampilan
Memecahkan masalah teknologi dan rekayasa yang berkaitan dengan resistor dalam rangkaian arus bolak-balik.

III.   Indikator
A.       Sikap Spiritual
     Mengembangkan sikap spiritual berdasarkan ajaran agama yang meliputi   
     jujur, disiplin, dan rasa ingin tahu.
B.       Sikap Sosial
     Mengembangkan sikap sosial yang meliputi bertanggungjawab, bekerja
     sama, dan saling menghargai.
C.       Pengetahuan
            Menuliskan rumus yang berlaku dalam rangkaian paralel R-L-C.
D.       Keterampilan
                           1.     Keterampilan Proses.
  Merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk menguji sebuah hipotesis yang meliputi: merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel, merumuskan definisi operasional variabel, melaksanakan eksperimen, membuat tabel pengamatan, menganalisis data hasil percobaan, dan membuat kesimpulan.
                           2.     Keterampilan Psikomotor
   Merakit rangkaian paralel dengan menggunakan software PheT.

IV.   Tujuan Pembelajaran
A.       Sikap Spiritual
Terlibat dalam proses belajar mengajar dengan menerapkan MPL, yang diamati dengan LP 1, siswa dinilai memuaskan dalam menunjukkan sikap jujur, disiplin, dan rasa ingin tahu.
B.       Sikap Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar dengan menerapkan MPL, yang diamati dengan LP 2 siswa dinilai memuaskan dalam menunjukkan sikap bertanggungjawab, bekerjasama, dan saling menghargai.

C.       Pengetahuan
Tanpa membuka buku siswa dapat menuliskan rumus yang berlaku dalam rangkaian paralel R-L-C sesuai dengan kunci LP 3: Pengetahuan.
D.       Keterampilan
                           1.     Keterampilan proses
a.    Diberikan LKS SMK LP 4 dan software PheT siswa dapat merancang dan melaksanakan eksperimen sesuai RTK yang ditentukan pada LP 4 Proses meliputi: merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel, merumuskan definisi operasional variabel, melaksanakan eksperimen, membuat tabel pengamatan, menganalisis data hasil percobaan dan membuat kesimpulan.

                           2.     Keterampilan psikomotor
a.    Diberikan LKS SMK LP 4: Proses dan software PheT siswa dapat merakit rangkaian paralel R-L-C dengan menggunakan sofwere PheT sesuai dengan RTK yang ditentukan pada LP 5: Psikomotor.
V.      Materi Pembelajaran
     Rangkaian paralel R-L-C
VI.   Metode Pembelajaran
1.      Model                                     : Model Pembelajaran Kooperatif (MPK) tipe TAI
2.      Strategi Belajar_____ : diskusi, demoonstrasi, tanya jawab, dan percobaan.

VII.Kegiatan Pembelajaran:
A.  Pendahuluan (± 20 menit)
Kegiatan
Alokasi Waktu
Menyampaikan tujuan dan establishing set (Fase 1 MPK)
a.       Memotivasi siswa dengan menunjukan rangkaian paralel antara R-L-C menggunakan software PheT dan meminta siswa mengamati rangkaian dan grafik tersebut.
b.      Guru mengajukan pertanyaan “apa pengaruh besar kapasitansi terhadap besar arus total yang mengalir pada rangkaian paralel R-L-C dengan software PhET?” untuk memancing rasa ingin tahu siswa.
c.       Mengkomunikasikan garis besar indikator sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.



B.  Inti (± 330 menit)
Kegiatan
Alokasi Waktu
Penggalan 1
Mempresentasikan informasi (Fase 2 MPK)
1.      Meminta salah seorang siswa untuk bertanggungjawab membagikan buku siswa kepada seluruh siswa.
2.      Setelah seluruh siswa mendapatkan buku siswa, guru menyajikan informasi dengan cara menunjuk salah seorang siswa untuk membaca buku siswa dan meminta siswa yang lain untuk menjadi pendengar yang baik. Setelah selesai membaca, guru mendemonstrasikan materi dengan bantuan LCD.
Mengorganisasikan siswa ke dalam tim-tim belajar (Fase 3)
3.       Guru menginformasikan pengelompokan siswa, setiap kelompok terdiri dari 3-4 siswa dengan kemampuan akademik yang heterogen. Guru memberikan waktu pada seluruh siswa untuk berkelompok, siswa ditekankan untuk bekerjasama, disiplin, saling menghargai, dan bertanggungjawab. (Team Study)
Membantu kerja tim dan belajar (Fase 4 MPK)
4.      Guru membimbing dan meminta siswa masing-masing siswa secara individu menyelesaikan tugas berupa soal-soal yang ada pada buku siswa, siswa ditekankan untuk jujur, disiplin, saling menghargai dan bertanggungjawab. (Placement Test)
5.        Guru membimbing siswa untuk bekerja dan belajar dalam kelompok yaitu dengan membawa hasil soal yang telah dikerjakan siswa secara individual menuju ke kelompok belajar sesuai dengan kelompok yang telah diinformasikan. (Curiculum Material)
6.        Siswa mendiskusikan hasil pekerjaannya dengan teman satu kelompok dengan cara saling memeriksa, mengoreksi dan memberikan masukkan. Guru mengamati kerja setiap siswa danmemberikan bantuankepada siswa yang mengalami kesulitan. (Teaching Group)
Mengujikan berbagai materi (Fase 5 MPK)
7.      Menguji pemahaman dengan cara meminta satu-dua siswa mengkomunikasikan pekerjaannya dan ditanggapi siswa yang lain. Siswa ditekankan untuk saling menghargai dan bertanggung jawab.


Penggalan 2
Mempresentasikan informasi (Fase 2 MPK)
8.       Mengajarkan Keterampilan menanya dengan mendemonstrasikan cara merumuskan masalah dengan mengacu pada kunci LKS SMK.

Membantu kerja tim dan belajar (Fase 4 MPK)
9.       Guru membimbing pelatihan menanya dengan meminta setiap kelompok merumuskan masalah pada LKS SMK. Siswa ditekankan saling bekerjasama, bertanggungjawab, dan disiplin.
Mengujikan berbagai materi (Fase 5 MPK)
10.   Guru meminta salah satu kelompok mengkomunikasikan hasil rumusan masalah kelompoknya. Guru memberikan umpan balik berupa pujian pada pekerjaan siswa yang telah benar dan memberi masukkan serta menjelaskan ulang apabila pekerjaan siswa masih belum benar. Siswa lain ditekankan untuk saling menghargai dan meningkatkan rasa ingin tahu nya.

Mempresentasikan informasi (Fase 2 MPK)
11.   Guru mengajarkan Keterampilan mengeksplorasi/eksperimen dengan mendemonstrasikan cara merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel-variabel dan mendefinisikan operasional variabel. Siswa ditekankan jujur, bekerjasama dan saling menghargai.

Membantu kerja tim dan belajar (Fase 4 MPK)
12.   Membimbing kelompok bekerjasama untuk melaksanakan eksperimen dengan cara berkeliling kelas dan mengamati setiap kelompok yang sedang merangkai rangkaian paralel antara R-L-C menggunakan alat dan bahan yang telah disediakan atau program PheT. Siswa diingatkan untuk melaksanakan eksperimen dengan bekerjasama, penuh tanggungjawab dan sesuai dengan prosedur yang tertulis di LKS SMK. Siswa ditekankan perlunya jujur dalam melakukan pengamatan dan mencatat hasil pengamatan itu di dalam tabel.

Mengujikan berbagai materi (Fase 5 MPK)
13.    Menguji pemahaman dengan cara meminta satu-dua siswa untuk maju ke depan kelas untuk mendemonstrasikan langkah-langkah melaksanakan eksperimen dan mengkomunikasikan hasil pekerjaannya. Siswa yang lain diminta untuk memiliki rasa ingin tahu, bertanggungjawab terhadap hasil pekerjaan kelompoknya dan saling menghargai terhadap presentasi temannya.

Penggalan 3
Mempresentasikan informasi (Fase 2 MPK)
14.    Mendemonstrasikan langkah-langkah menganalisis data dan menarik kesimpulan dengan mengacu pada kunci LKS SMK. Siswa ditekankan untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan saling menghargai.

Membantu kerja tim dan belajar (Fase 4 MPK)
15.    Membimbing kelompok bekerjasama untuk menganalisis data dan menarik kesimpulan berdasarkan data yang telah diperoleh masing-masing kelompok. Siswa ditekankan untuk jujur dan bertanggungjawab serta saling menghargai.
16.    Guru membimbing siswa untuk bekerja dan belajar dalam kelompok yaitu dengan membawa hasil analisis data dan kesimpulan yang telah dikerjakan siswa secara individual menuju ke kelompok belajar sesuai dengan kelompok yang telah diinformasikan. (Curiculum Material)
17.    Siswa mendiskusikan hasil pekerjaannya dengan teman satu kelompok dengan cara saling memeriksa, mengoreksi dan memberikan masukkan. Guru mengamati kerja setiap siswa danmemberikan bantuankepada siswa yang mengalami kesulitan. (Teaching Group)

Mengujikan berbagai materi (Fase 5 MPK)
18.  Menguji pemahaman dengan cara meminta satu-dua siswa maju ke depan kelas untuk mengkomunikasikan pekerjaannya dengan menuliskan hasil analisis data dan kesimpulan, siswa diminta untuk bertanggung jawab atas pekerjaannya. Siswa yang lain diminta untuk saling bekerjasama dan saling menghargai presentasi teman tersebut.

Memberikan penghargaan (Fase 6 MPK)
19.  Guru memberikan penghargaan pada kelompok berdasarkan nilai hasil belajar individual. (Team Recognition)
20.  Guru menghentikan pengajaran individual dan pengajaran berkelompok untuk memberikan materi kepada siswa secara keseluruhan yang berhubungan dengan strategi pemecahan soal (Whole Class)










































































































C.  Penutup (± 10 menit)
Kegiatan
Alokasi Waktu
1.       Dengan melibatkan siswa menutup pelajaran dan memberi PR mengerjakan LKS SMK LP 4: Proses, yaitu mencari tahu bagaimana pengaruh kapasitansi terhadap arus total pada rangkaian paralel R-L-C dengan menggunakan software PheT.


IX.   Alat/Media/Sumber Belajar
1.   LKS SMK: Rangkaian paralel antara R-L-C.
2.   Kunci LKS SMK: Rangkaian paralel antara R-L-C.
3.   LKS SMK LP 4: Proses.
4.   Kunci LKS SMK LP 4: Proses.
5.   Software PheT.
6.   Laptop.
7.   LCD.

X.      Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Nama Instrumen
Sikap spiritual
Observasi
Lembar pengamatan
LP 1 : Sikap Spiritual
Sikap sosial
Observasi
Lembar pengamatan
LP 1 : Sikap Sosial
Pengetahuan
Tes
Tes uraian
LP 3 : Pengetahuan dan Kunci LP : 3
Keterampilan proses
Tes
Tes kinerja
LP 4 : Proses
Keterampilan psikomotor
Tes
Tes kinerja
LP 5 : Psikomotor



LKS SMK: Rangkaian paralel R-L-C

Tujuan:
Menyelidiki pengaruh besar kapasitansi terhadap besar arus total dengan software PhET.

ICT/Berbasis Internet:
Free Download PhET Software Interactive Simulations dari University of Colorado at Boulder Simulation: Circuit Construction Kit (AC+DC Only). Didownload pada 14 Februari 2011 dari http://phet.colorado.edu.

Disamping software disediakan juga:
Alat dan Bahan:
1 buah sumber tegangan AC 10 volt, Resistor 10 , Induktor 25 H, Kapasitor (0.01 F, 0.02 F, 0.04 F dan 0.05 F), Amperemeter.

Perencanaan Eksperimen:
Kamu diminta untuk merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara besar kapasitansi dan besar arus total yang mengalir mengacu pada rangkaian seperti ditunjukkan pada Gambar 1 dengan menggunakan software PhET.

Rumusan Masalah:
Apakah pengaruh besar kapasitansi terhadap besar arus total yang mengalir?

Hipotesis:
____________________________________________________________________________________________________________________________________

Variabel:
(a)      Yang dipertahankan konstan (Variabel Kontrol):
(b)     Yang dimanipulasi (Variabel Manipulasi):
(c)      Yang merespon (Variabel Respon):

Definisi Operasional Variabel  Manipulasi:
____________________________________________________________________________________________________________________________________

 Definisi Operasional Variabel  Respon:
____________________________________________________________________________________________________________________________________



Gambar 1. Percobaan 1


Prosedur: 
1.    Aktifkan program PhET.
2.    Buatlah rangkaian paralel R-L-C sesuai dengan Gambar 1.
3.    Ubahlah nilai sumber tegangan AC dengan cara klik kanan pada mouse kemudian masukkan nilai tegangan 10 Volt seperti pada Gambar 1.
4.    Tutuplah sakelar untuk mengaktifkan rangkaianmu, kemudian baca penunjukkan amperemeter kemudian catat hasilnya pada Tabel 1.
5.    Bukalah sakelar untuk mematikan rangkaian, kemudian ubahlah nilai kapasitor 0,01 F pada rangkaian itu dengan disusun paralel terhadap sumber tegangan AC yang sudah ada, aktifkan rangkaianmu dengan menutup sakelar lalu baca penunjukkan amperemeter kemudian catat hasilnya pada Tabel 1.
6.    Ulangi langkah 5 itu dengan mengubah nilai kapasitor menjadi 0.02 F, 0.04 F, dan 0.05 F.











Pengamatan:
      Tabel 1. Hubungan Antara kapasitansi dan
Arus Total.

Kapasitansi( F )
Arus Total ( V )
0,01
3,38
0,02
3,67
0,04
3,76
0,05

3,78







Analisis:
Apakah hubungan antara besar kapasitansi dan besar arus total?
Jawab:
                                       
Kesimpulan: 
    1.     Apakah hipotesismu dapat diterima?
      _____________________________________________
    2.     Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
_____________________________________________
















Kunci LKS SMK: Rangkaian paralel R-L-C

Tujuan:
Menyelidiki pengaruh besar kapasitansi terhadap besar arus total dengan software PhET.

ICT/Berbasis Internet:
Free Download PhET Software Interactive Simulations dari University of Colorado at Boulder Simulation: Circuit Construction Kit (AC+DC Only). Didownload pada 14 Februari 2011 dari http://phet.colorado.edu.

Disamping software disediakan juga:
Alat dan Bahan:
1 buah sumber tegangan AC 10 volt, Resistor 10 , Induktor 25 H, Kapasitor (0.01 F, 0.02 F, 0.04 F dan 0.05 F), Amperemeter.

Perencanaan Eksperimen:
Kamu diminta untuk merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara besar kapasitansi dan besar arus total yang mengalir mengacu pada rangkaian seperti ditunjukkan pada Gambar 1 dengan menggunakan software PhET.

Rumusan Masalah:
Apakah pengaruh besar kapasitansi terhadap besar arus total yang mengalir?

Hipotesis: Jika nilai kapasitansi diperbesar, maka besar arus total  yang mengalir akan semakin kecil.

Variabel :
(a)      Yang dipertahankan konstan (Variabel Kontrol):
       nilai resistansi resistor= 10 , nilai induktansi induktor = 25 H, sumber tegangan AC, amperemeter
(b)     Yang dimanipulasi (Variabel Manipulasi):
       nilai kapasitansi kapasitor
(c)      Yang merespon (Variabel Respon):
Arus total

Definisi Operasional Variabel Manipulasi:
Nilai kapasitansi dimanipulasi dengan cara  mengubah nilai kapasitor berturut-turut menjadi 0,01 F, 0,02 F, 0,04 F, dan 0,05 F.

Definisi Operasional Variabel Respon:
Besar arus total diukur dengan menggunakan amperemeter.
Gambar 1. Percobaan 1


Prosedur: 
1.      Aktifkan program PhET.
2.      Buatlah rangkaian paralel R-L-C sesuai dengan Gambar 1.
3.      Ubahlah nilai sumber tegangan AC dengan cara klik kanan pada mouse kemudian masukkan nilai tegangan 10 Volt seperti pada Gambar 1.
4.      Tutuplah sakelar untuk mengaktifkan rangkaianmu, kemudian baca penunjukkan amperemeter kemudian catat hasilnya pada Tabel 1.
5.      Bukalah sakelar untuk mematikan rangkaian, kemudian ubahlah nilai kapasitor 0,01 F pada rangkaian itu dengan disusun paralel terhadap sumber tegangan AC yang sudah ada, aktifkan rangkaianmu dengan menutup sakelar lalu baca penunjukkan amperemeter, kemudiancatat hasilnya pada Tabel 1.
6.      Ulangi langkah 5 itu dengan mengubah nilai kapasitor menjadi 0.02 F, 0.04 F, dan 0.05 F.











Pengamatan:
Tabel 1. Hubungan Antara kapasitansi dan
Arus Total.

Kapasitansi( F )
Arus Total ( V )
0,01
3,38
0,02
3,67
0,04
3,76
0,05
3,78






Analisis:
Apakah hubungan antara besar kapasitansi dan besar arus total?
Jawab: Semakin besar kapasitansinya maka makin besar arus totalnya
           semakin kecil.
                                       
Kesimpulan: 
1.     Apakah hipotesismu dapat diterima?
Dapat diterima.
2.     Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
Hipotesis diterima, yaitu jika nilai kapasitansi kapasitor diperbesar, maka nilai arus total akan semakin besar.














Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
Indikator
LP dan Butir Soal
Kunci LP dan Butir Soal
Sikap spiritual
1.      Jujur
2.      Disiplin
3.      Rasa ingin tahu
LP 1: Sikap spiritual
RTK 1
RTK 2
RTK 3
Seluruh RTK minimal memperoleh nilai memuaskan mengacu pada tabel penskoran
Sikap sosial
1.      Saling menghargai
2.      Bekerja sama
3.      Bertanggungjawab

LP 1: Sikap sosial
RTK 1
RTK 2
RTK 3
Seluruh RTK minimal memperoleh nilai memuaskan mengacu pada tabel penskoran
Pengetahuan
1.     Menuliskan persamaan/rumus apabila R, L, dan dirangkai paralel lalu dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balik!
2.     Menggambarkan rangkaian yang merupakan rangkaian paralel antara R, L, C
3.     Menentukan besar induktansi  jika sebuah rangkaian paralel R-L_C dihubungkan dengan sumber tegangan AC 100 V. Besar arul 5 A, dan frek %) Hz .
LP 3: Pengetahuan
Butir soal No 1
Butir soal No 2
Butir soal No 3
Kunci LP 3: Pengetahuan
Butir soal No 1
Butir soal No 2
Butir soal No 3
Keterampilan proses
Merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk menguji sebuah hipotesis
LKS SMK LP 4: Proses dan LP 4: Proses RTK 1 sampai 11
Kunci LKS SMK LP 4: Proses dan LP 4: Proses. Pelaksanaan penilaian mengacu pada tabel kriteria penskoran.
Keterampilan psikomotor
Merakit rangkaian paralel dengan menggunakan software PhET
LP 5: Psikomotor dan LP 5: Psikomotor RTK 1 sampai 6
Kunci LKS SMK LP 4: Proses prosedur 1 sampai 6 dan LP 5: Psikomotor. Pelaksanaan penilaian mengacu pada tabel kriteria penskoran.

LP 1: Pengamatan Sikap Spiritual
Petunjuk:
Untuk setiap sikap spiritual ini, beri penilaian atas sikap spiritual siswa menggunakan skala berikut ini:
1 = memerlukan perbaikan       2 = Menunjukkan kemajuan              3 = Memuaskan                  4 = Sangat baik

No
Nama Siswa
                                               Perilaku Berkarakter
Jujur
Disiplin
Tidak Mudah Putus Asa
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.













2.













3.













4.













5.













6.













7.













8.













9.













10.














Sidoarjo, ......................2014
Pengamat

(..............................................)

                                                                                                                                                                                                                   

Tabel Kriteria Penskoran Sikap Spiritual

No
Perilaku Berkarakter
Skor dan Deskriptor
4
3
2
1
1.
Jujur
Tidak menyontek pekerjaan teman, melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, dan sesuai prosedur, melaporkan hasil eksperimen secara benar baik lisan maupun tulisan
Tidak menyontek pekerjaan teman, dan melaporkan hasil eksperimen secara tidak benar baik lisan maupun tulisan
Tidak menyontek pekerjaan teman
Menyontek pekerjaan teman, melakukan eksperimen secara tidak benar, tidak cermat, tidak teliti, dan tidak sesuai prosedur, melaporkan hasil eksperimen secara tidak benar baik lisan maupun tulisan
2.
Displin
Mengikuti pelajaran dengan tepat waktu, melaksanakan eksperimen dengan tertib sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan, serta menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
Melaksanakan eksperimen dengan tertib sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan, namun tidak menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
Mengikuti pelajaran dengan tidak tepat waktu, melaksanakan eksperimen tidak dengan tertib sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan serta tidak menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
3.
Rasa Ingin Tahu
Melakukan inofasi dalam eksperimen, bertanya aktif untuk segala hal yang kurang dimengerti, aktif mencari sumber-sumber pngetahuan yang mendukung eksperimen.
Bertanya aktif untuk segala hal yang kurang dimengerti, aktif mencari sumber-sumber pngetahuan yang mendukung eksperimen.
Bertanya aktif untuk segala hal yang kurang dimengerti.
Tidak memperhatikan pengetahuan-pengetahuan baru dari Guru.

Nama:....................... No Absen....................................Tanggal..............................
LP 3: Pengetahuan


Petunjuk
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.    Tuliskan persamaan/rumus untuk mencari arus total apabila R- L-C dirangkai paralel  lalu dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balik! ______________________________________________________________________________________________________________________________
2.    Gambarkan rangkaian yang merupakan rangkaian paralel antara R, L dan C! ______________________________________________________________________________________________________________________________
3.    Sebuah rangkaian yang terdiri dari 3 komponen R, L dan C  yang dihubungkan secara paralel dan dicatu oleh sumber tegangan AC 100 V yang memiliki frekuensi 50 Hz. Besar arus yang mengalir pada induktor adalah 5 A, tentukan berapakah nilai induktansi induktornya!
______________________________________________________________________________________________________________________________























Kunci LP 3: Pengetahuan


      1.            Tuliskan persamaan/rumus untuk mencari arus total apabila R- L-C dirangkai paralel  lalu dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balik! Jawab:


      2.            Gambarkan rangkaian yang merupakan rangkaian paralel antara R, L dan C!
Jawab:

      3.            Sebuah rangkaian yang terdiri dari 3 komponen R, L dan C  yang dihubungkan secara paralel dan dicatu oleh sumber tegangan AC 100 V yang memiliki frekuensi 50 Hz. Besar arus yang mengalir pada induktor adalah 5 A, tentukan berapakah nilai induktansi induktornya!
Jawab:
Diketahui: V= 100 V, I= 5 A, VL= 100 V, f = 50 Hz
Ditanya: L...?
     VL= I.XL
                                
     XL= =  = 20

XL

20

L= 2,512 H



LKS SMK LP 4: Proses
LKS SMK: Rangkaian paralel R-L-C

Tujuan:
Menyelidiki pengaruh besar kapasitansi terhadap besar arus total dengan software PhET.

ICT/Berbasis Internet:
Free Download PhET Software Interactive Simulations dari University of Colorado at Boulder Simulation: Circuit Construction Kit (AC+DC Only). Didownload pada 14 Februari 2011 dari http://phet.colorado.edu.

Disamping software disediakan juga:
Alat dan Bahan:
1 buah sumber tegangan AC 10 volt, Resistor 20 , Induktor 25 H, Kapasitor (0.01 F, 0.02 F, 0.04 F dan 0.05 F), Amperemeter.

Perencanaan Eksperimen:
Kamu diminta untuk merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara besar kapasitansi dan besar arus total yang mengalir mengacu pada rangkaian seperti ditunjukkan pada Gambar 1 dengan menggunakan software PhET.

Rumusan Masalah:
Apakah pengaruh besar kapasitansi terhadap besar arus total yang mengalir?

Hipotesis:
____________________________________________________________________________________________________________________________________

Variabel:
(d)     Yang dipertahankan konstan (Variabel Kontrol):
(e)      Yang dimanipulasi (Variabel Manipulasi):
(f)      Yang merespon (Variabel Respon):

Definisi Operasional Variabel  Manipulasi:
____________________________________________________________________________________________________________________________________

 Definisi Operasional Variabel  Respon:
____________________________________________________________________________________________________________________________________



Gambar 1. Percobaan 1


Prosedur: 
      1.            Aktifkan program PhET.
      2.            Buatlah rangkaian paralel R-L-C sesuai dengan Gambar 1.
      3.            Ubahlah nilai sumber tegangan AC dengan cara klik kanan pada mouse kemudian masukkan nilai tegangan 10 Volt seperti pada Gambar 1.
      4.            Tutuplah sakelar untuk mengaktifkan rangkaianmu, kemudian baca penunjukkan amperemeter kemudian catat hasilnya pada Tabel 1.
      5.            Bukalah sakelar untuk mematikan rangkaian, kemudian ubahlah nilai kapasitor 0,01 F pada rangkaian itu dengan disusun paralel terhadap sumber tegangan AC yang sudah ada, aktifkan rangkaianmu dengan menutup sakelar lalu baca penunjukkan amperemeter kemudiancatat hasilnya pada Tabel 1.
      6.            Ulangi langkah 5 itu dengan mengubah nilai kapasitor menjadi 0.02 F, 0.04 F, dan 0.05 F.











Pengamatan:
      Tabel 1. Hubungan Antara kapasitansi dan
Arus Total.

Kapasitansi( F )
Arus Total ( V )
0,01

0,02

0,04

0,05








Analisis:
Apakah hubungan antara besar kapasitansi dan besar arus total?
Jawab:
                                       
Kesimpulan: 
    3.     Apakah hipotesismu dapat diterima?
      _____________________________________________
    4.     Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
_____________________________________________









                         


Kunci LKS SMK LP 4: Proses

Tujuan:
Menyelidiki pengaruh besar kapasitansi terhadap besar arus total dengan software PhET.

ICT/Berbasis Internet:
Free Download PhET Software Interactive Simulations dari University of Colorado at Boulder Simulation: Circuit Construction Kit (AC+DC Only). Didownload pada 14 Februari 2011 dari http://phet.colorado.edu.

Disamping software disediakan juga:
Alat dan Bahan:
1 buah sumber tegangan AC 10 volt, Resistor 20 , Induktor 25 H, Kapasitor (0.01 F, 0.02 F, 0.04 F dan 0.05 F), Amperemeter.

Perencanaan Eksperimen:
Kamu diminta untuk merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara besar kapasitansi dan besar arus total yang mengalir mengacu pada rangkaian seperti ditunjukkan pada Gambar 1 dengan menggunakan software PhET.

Rumusan Masalah:
Apakah pengaruh besar kapasitansi terhadap besar arus total yang mengalir?

Hipotesis: Jika nilai kapasitansi diperbesar, maka besar arus total  yang mengalir akan semakin kecil.

Variabel :
(a)    Yang dipertahankan konstan (Variabel Kontrol):
       nilai resistansi resistor= 10 , nilai induktansi induktor = 25 H, sumber tegangan AC, amperemeter
(b)   Yang dimanipulasi (Variabel Manipulasi):
       nilai kapasitansi kapasitor
(c)    Yang merespon (Variabel Respon):
Arus total

Definisi Operasional Variabel Manipulasi:
Nilai kapasitansi dimanipulasi dengan cara  mengubah nilai kapasitor berturut-turut menjadi 0,0 F, 0,02 F, 0,04 F, dan 0,05 F.

Definisi Operasional Variabel Respon:
Besar arus total diukur dengan menggunakan amperemeter.
Gambar 1. Percobaan 1


Prosedur: 
      1.            Aktifkan program PhET.
      2.            Buatlah rangkaian paralel R-L-C sesuai dengan Gambar 1.
      3.            Ubahlah nilai sumber tegangan AC dengan cara klik kanan pada mouse kemudian masukkan nilai tegangan 10 Volt seperti pada Gambar 1.
      4.            Tutuplah sakelar untuk mengaktifkan rangkaianmu, kemudian baca penunjukkan amperemeter kemudian catat hasilnya pada Tabel 1.
      5.            Bukalah sakelar untuk mematikan rangkaian, kemudian ubahlah nilai kapasitor 0,01 F pada rangkaian itu dengan disusun paralel terhadap sumber tegangan AC yang sudah ada, aktifkan rangkaianmu dengan menutup sakelar lalu baca penunjukkan amperemeter kemudian catat hasilnya pada Tabel 1.
      6.            Ulangi langkah 5 itu dengan mengubah nilai kapasitor menjadi 0.02 F, 0.04 F, dan 0.05 F.











Pengamatan:
Tabel 1. Hubungan Antara kapasitansi dan
Arus Total.

Kapasitor( F )
Arus Total ( V )
0,01
3,34
0,02
3,65
0,04
3,74
0,05
3,75






Analisis:
Apakah hubungan antara besar kapasitansi dan besar arus total?
Jawab: Semakin besar kapasitansinya maka makin besar arus totalnya
           semakin kecil.
                                       
Kesimpulan: 
3.     Apakah hipotesismu dapat diterima?
Dapat diterima.
4.     Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
Hipotesis diterima, yaitu jika nilai kapasitansi kapasitor diperbesar, maka nilai arus total akan semakin besar.















Petunjuk:
Berikan skor pada kolom skor penilaian oleh guru  sesuai kinerja siswa dalam mengerjakan LP 4 Kognitif proses  dengan mengacu pada Format Penilaian Kinerja Proses di bawah ini.

Format Asesmen Kinerja Proses
NO
Rincian Tugas Kinerja (Skor Maksimum)
Skor Maksimum
Skor Assesment
Oleh siswa sendiri
Oleh guru
1.
Merumuskan masalah.
5


2.
Merumuskan hipotesis.
5


3.
Mengidentifikasi variabel kontrol.
10


4.
Mengidentifikasi variabel manipulasi.
10


5.
Mengidentifikasi variabel respon.
10


6.
Merumuskan definisi operasional variabel manipulasi.
10


7.
Merumuskan definisi operasional variabel respon.
10


8.
Melaksanakan eksperimen.
10


9.
Membuat tabel pengamatan.
10


10.
Melakukan analisis data.
10


11.
Menarik kesimpulan.
10


Skor Total
100




                                                                                    ................, .................2014
                  Siswa                                                                     Guru


(..............................................)                        (..............................................)




Tabel Kriteria Penskoran Kognitif Proses

No
Rincian Tugas Kinerja
Skor dan Deskriptor
0
1
2
1.
Merumuskan masalah
Tidak mengandung variabel manipulasi dan variabel respon

Hanya mengandung salah satu variabel saja
Mengandung variabel manipulasi dan variabel respon
2
Merumuskan hipotesis
Tidak mengandung variabel manipulasi dan variabel respon

Mengandung variabel manipulasi dan variabel respon tetapi tidak menjawab rumusan masalah dan tidak dapat diuji

Mengandung variabel manipulasi dan variabel respon, menjawab rumusan masalah, dapat diuji

3.
Mengidentifikasi variabel manipulasi
Tidak menyebutkan variabel manipulasi

Menyebutkan variabel manipulasi tetapi tidak sesuai dengan hipotesis

Menyebutkan variabel manipulasi dan sesuai dengan hipotesis

4.
Mengidentifikasi variabel respon
Tidak menyebutkan variabel respon

Menyebutkan variabel respon tetapi tidak sesuai dengan hipotesis

Menyebutkan variabel respon dan sesuai dengan hipotesis

5.
Mengidentifikasi variabel konstan
Tidak menyebutkan variabel konstan

Menyebutkan kurang dari 3 komponen yang dikontrol agar tidak mempengaruhi hasil penelitian

Menyebutkan 3 komponen yang dikontrol agar tidak mempengaruhi hasil penelitian

6.
Merumuskan definisi operasional variabel manipulasi
Tidak menuliskan cara memanipulasi variabel manipulasi
Menuliskan cara memanipulasi variabel manipulasi tetapi tidak spesifik

Menuliskan cara memanipulasi variabel manipulasi secara spesifik
No
Rincian Tugas Kinerja
Skor dan Deskriptor
0
1
2
7.
Merumuskan definisi operasional variabel respon
Tidak menuliskan cara mengukur variabel respon

Menuliskan cara mengukur variabel respon tetapi tidak spesifik

Menuliskan cara mengukur variabel respon secara spesifik
8.
Merencanakan pelaksanaan eksperimen
Tidak merencanakan pelaksanaan eksperimen
Merencanakan pelaksanaan eksperimen tetapi tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan

Merencanakan pelaksanaan eksperimen sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan

9.
Membuat tabel pengamatan
Tidak membuat tabel pengamatan

Membuat tabel pengamatan tetapi tidak merekam seluruh hasil eksperimen

Membuat tabel pengamatan yang merekam seluruh hasil eksperimen (variabel manipulasi dan variabel respon)

10.
Melakukan analisis data
Tidak melakukan analisis data
Melakukan analisis data tetapi tidak berdasarkan pada hasil eksperimen yang sesungguhnya

Melakukan analisis data berdasarkan pada hasil eksperimen yang sesungguhnya

11
Menarik kesimpulan
Tidak menarik kesimpulan
Menarik kesimpulan tetapi tidak berdasarkan pada analisis data dan tidak sesuai dengan hipotesis

Menarik kesimpulan berdasarkan pada analisis data dan  sesuai dengan hipotesis





LP 5:  Psikomotor
Prosedur:
1.    Siapkan sebuah komputer dan software PheT.
2.    Tugasi siswa merakit rangkaian sesuai Gambar 1 LKS SMK LP 4 Proses, prosedur 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.
3.    Amati saat siswa merakit rangkaian itu.
4.    Berikan skor kinerja siswa dengan mengacu pada Format Asesmen Kinerja di bawah ini.
5.    Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan.
6.    Siswa diijinkan mengases kinerja mereka sendiri dengan menggunakan format ini.

Format Asesmen Kinerja Psikomotor
No.
Rincian Tugas Kinerja (Skor Maksimum)
Skor Maksimum
Skor Asessment
Oleh siswa sendiri
Oleh guru
1
Mengaktifkan program PheT
5


2
Membuat rangkaian sesuai dengan Gambar 1 (hal.20)
30


3
Memasang sebuah amperemeter untuk mengukur besar arus total.
15


4
Menjalankan simulasi rangkaian tersebut kemudian amati dan catat penunjukkan amperemeter pada Tabel 1 (hal.20)
15


5
Mematikan simulasi dan mengubah nilai kapasitansi kapasitor menjadi 0,01 F dengan disusun paralel. Jalankan kembali simulasi rangkaian tersebut kemudian amati dan catat penunjukkan Amperemeter pada Tabel 1 (hal.20)
15


6
Mengulangi langkah 5 dengan mengganti nilai kapasitansi kapasitor menjadi 0,02 F, 0,04 F dan 0,05 F.
20


Skor Total
100



                                                                                                                  Sidoarjo,………………2014
         Siswa                                                                                           Guru


(…………………………)                                                                                                  (………………………)

Tabel Kriteria Penskoran Keterampilan Psikomotor
No
Rincian Tugas Kinerja
Skor dan Deskriptor
0
1
2
3
1.
Mengaktifkan program PheT
Tidak dapat membuka PheT

Dapat membuka PheT
Dapat membuka PheT tetapi tidak sesuai dengan prosedur
Dapat membuka PheT sesuai dengan prosedur
2.
Membuat rangkaian sesuai dengan Gambar 1 (hal.20)
Tidak dapat membuat rangkaian sama sekali
Dapat membuat rangkaian.
Dapat membuat rangkaian tetapi tidak sesuai prosedur
Dapat membuat rangkaian sesuai dengan prosedur
3
Memasang sebuah amperemeter untuk mengukur besar arus total.
Tidak dapat memasang Amperemeter
Dapat memasang Amperemeter tetapi tidak sesuai prosedur
Dapat memasang Amperemeter sesuai prosedur tetapi tidak mengamati
Dapat memasang Amperemeter sesuai prosedur
4
Menjalankan simulasi rangkaian tersebut kemudian amati dan catat penunjukkan amperemeter pada Tabel 1 (hal.20)
Tidak dapat menjalankan simulasi

Dapat menjalankan simulasi tidak sesuai prosedur dan  tidak mengamati penujukan Amperemeter
Dapat menjalankan simulasi sesuai prosedur tetapi  tidak mengamati penujukan Amperemeter
Dapat menjalankan simulasi sesuai prosedur
5
Mematikan simulasi dan mengubah nilai kapasitansi kapasitor menjadi 0,01 F dengan disusun paralel. Jalankan kembali simulasi rangkaian tersebut kemudian amati dan catat penunjukkan Amperemeter pada Tabel 1 (hal.20)
Tidak bisa mematikan simulasi
Dapat mematikan simulasi tetapi tidak mengamati
Dapat mematikan simulasi dan mengamati Amperemeter tetapi tidak mencatatnya dalam tabel 1
Dapat mematikan simulasi dan mengamati Amperemeter serta mencatatnya dalam tabel 1
6
Mengulangi langkah 5 dengan mengganti nilai kapasitansi kapasitor  menjadi 0,02 F, 0,04 F dan 0,05 F.
Tidak bisa mengulangi langkah 5
Bisa mengulangi langkah 5 tetapi tidak berurutan`
Bisa mengulangi langkah lima secara berturut–turut.
Dapat mengulangi langkah 5 secara berturut–turut sesuai prosedur.

1 komentar:

Zavira Utami Ramadita mengatakan...

Kak mau tanya gambar nya mana ya??